Pesta Blogger 2007: Kopi Darat Blogger Se-Indonesia

27 10 2007

 “Masih tidak percaya, sebuah pertemuan seperti ini pernah terjadi,” kata Enda Nasution bersemangat saat membuka perhelatan akbar Blogger se-indonesia, Sabtu, 27 Oktober 2007. Ya, memang benar-benar sebuah acara yang sangat jarang terjadi. Sekelompok orang yang biasanya hanya akrab secara virtual dapat bertemu muka secara fisik atau bahasa gaulnya ‘ngopi darat’.

Acara diawali dengan sebuah Talk Show mengenai dunia blog Indonesia yang dipandu secara interaktif oleh Wimar Witoelar dan menghadirkan empat orang panelis yang dinilai berkontribusi besar bagi dunia blog dan sangat memahami perkembangannya, secara khusus di Indonesia, yaitu Budi Putra, Enda Nasution, Mohammad Nuh, dan Andrianto Gani.

Wimar Witoelar, yang juga merupakan salah satu steering committee dari Pesta Blogger 2007 (PB2007), menggiring perbincangan seputar blog dengan apik dan menarik. Para hadirin secara spontan dapat memberikan tanggapan dan beberapa blogger secara khusus ditunjuk untuk memberikan pendapat. Di antaranya adalah Iyo, blogger muda yang masih duduk di bangku SMA. Dia menceritakan sedikit pengalamannya dalam menulis blog. Disampaikan juga oleh Budi Putra dalam diskusi, bahwa dalam posting yang penting adalah isi, “percuma kalau hanya desainnya menarik, tapi isinya tida berbobot.”

Di samping cerita bahagia seputar aktivitas nge-blog, juga ada cerita mengarukan yang datang dari blogger asal Poso yang secara khusus ingin bertemu dengan para blogger dan tentunya ingin bertemu Wimar Witoelar. “Kalau ada yang disebut sebagai bapak Blogger, Pak Wimar itu sih opa-nya blogger,” ujar Ruslan Sangadji  blogger asal Poso yang juga berprofesi sebagai kontributor The Jakarta Post ini. Hal ini agaknya benar, mengingat Wimar sendiri telah memulai aktivitas blogging sejak 12 tahun yang lalu, jauh sebelum aktivitas blogging benar-benar digandrungi.

Bertempat di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Pesta Blogger 2007 untuk pertama kalinya digelar. Acara ini dihadiri oleh sekitar lima ratus blogger beserta undangan. Hadir sebagai tamu kehormatan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Mohammad Nuh yang mendukung positif acara ini. “Saya rasa pertemuan atau acara seperti ini perlu dilakukan secara berkala, jangan berhenti disini, apalagi pertemuan secara fisik memang penting daripada hanya secara virtual,” ujar mantar Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini. Beliau juga menetapkan 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional dan mendorong para blogger untuk menciptakan lagu “kebangsaan” blogger. Bagi lagu yang terpilih, dijanjikan ada sebuah laptop yang akan diberikan secara khusus oleh menkoinfo.

Berikutnya dalam sebuah sesi yang disebut break out session, para peserta diberikan kesempatan untuk bertukar pengalaman dengan para blogger handal sesuai dengan kategori blog mereka. Ada 7 kategori yang ditawarkan, di antaranya adalah kategori current issues yang dipandu oleh Wicaksono, yang lebih dikenal dengan ndoro kakung di dunia maya. Secara khusus kelompok ini membahas mengenai tips dan bagaimana menulis dan mencari inspirasi untuk blog masing-masing mengenai topik sehari-hari yang paling dekat dengan kita. Ternyata mudah sekali, yaitu menulis dengan apa adanya tanpa berusaha untuk menjadi orang lain, maka cerita akan mengalir dengan sendirinya dan kalau menarik akan dinikmati banyak orang. Wicaksono juga menambahkan bahwa untuk membuat tulisan yang menarik, kita harus berusaha menulis berbeda dengan media tradisional.

Pada PB2007 ini juga diadakan pemilihan blog terbaik untuk 7 kategori, yaitu on line marketing blog, personal blog, women’s issue, celebrities blog, current issue, blog technology, bridge blog, serta satu kategori tambahan yaitu kategori pendatang baru terbaik. Kabar baiknya adalah Perspektif.net terpilih menjadi blog terbaik untuk kategori Current Issue dan Mine of mine, blog salah satu penulis PO menjadi blog pendatang baru terbaik.

Akhirnya seperti kata Wimar Witoelar, “Maju terus blogger Indonesia.” Blogger harus punya sikap, berani menyatakan sikap dan berani menanggung konsekuensinya, serta yang penting tambahnya, “Jangan takut nge-blog karena tidak akan pernah dibredel.” [LW]


Actions

Information

35 responses

27 10 2007
kribo

haha di blog Mind of Mine ini justru ada salah spelling ditulis Mine of Mine. Tapi biar aja nggak usah di edit, biar kelihatan Lidya Wangsa ini masih manusia yang bisa membuat kesalahan haha… kalau nggak, disangka semourna katena bisa bertansformasi dari orang yang tidak tahu blog menjadi pemenang Blok Terbaik dalam kelompok Pendatang Baru. Congrats!!!!!

28 10 2007
thecozycorner

congrats LW buat terpilihnya blog kamu sebagai blog pendatang baru terbaik!!
tulisan kamu selama ini memang selalu teratur, menarik n bagus bangeeet, memang layak jadi pemenang..
(horee..promosi n kerja keras berminggu-minggu sebelum pesta blogger 2007 akhirnya ada hasilnya yoo? hehe!)
tahun depan jangan lupa ikutan lagi acara Pesta Blogger ini yuph..
keep on rocking,Lid!

28 10 2007
evelyn pratiwi yusuf

Keep Blogging For All Indonesia Blogger! Congratz Just For You

28 10 2007
daeng rusle

keep blogging..
ini betul2 suara baru indonesia, di tengah media mainstream yg melulu menampilkan kata berselimut berita yg sudah bosen didenger..
blogging dalah suara baru…dan semoga menjadi corong nurani…!

28 10 2007
teddy

horeeee .. membanggakan jember kamu Lid huahuahaa

28 10 2007
Satya

haha ya betul.. hidup jember (aya pernah kesitu aja)

28 10 2007
evan

hidup PKB!
hidup PKB!!
hidup Partai Kebangkitan Blogger!!

28 10 2007
kunderemp an-narkaulipsiy

Seingat saya.. Iyo itu SMP

anyway..
I envy you…
you are just only 2 months blogging and you’ve already had a new gift…. Congratz

29 10 2007
AG. Syam

Wah ternyata doa gue dikabulkan juga, setelah vote agar MoM dan Perspektif bisa masuk 3 besar. Gue hanya bisa berdoa biar mereka jadi jawaranya. Thanks God…
Buat lidya makasih buat laporannya about pb2007-nya yang sangat menarik. Keep blogging…

29 10 2007
harriansyah

wah dari jember yak mba ??

29 10 2007
lidya

@kunderem…
eh iya ya iyo masih smp? hehehe… maap berarti sy salah denger…
thx buat koreksinya…

@harri
iya dateng dari desa… hehehe.. kpn main ke Jember?

29 10 2007
Viking KARWUR

Selamat ya Lidya… Salam kenal juga… Senang bertemu kamu di Pesta Blogger 2007… Sukses…

29 10 2007
sterli

congrats !

selamat atas terpilihnya sebagai pemenang blog indonesia terbaik !

ayo yang lain ikut seperti lidya…

29 10 2007
lidya

@sterli
terima kasih banyak..
tp mohon diralat, Mind of mine kmrn dpt best NEW COMER, bukannya best blog di Indo, takut diprotes sama komentator.. hehehe
tapi kalo versi sterli Mind of mine tetep jadi terbaik, wuih tersanjung banget🙂

29 10 2007
isman

“Jangan takut nge-blog karena tidak akan pernah dibredel.”

Sensor atau bredel dari pemerintah (minimal dari DepKomInfo yang menggantikan Dep Penerangan) memang sudah hampir tidak ada. (Paling kasus khusus seperti Bang Wimar oleh Gubernur DKI, hehe.) Namun, yang mulai perlu kita waspadai adalah sensor dari sesama. Sudah ada contoh teman blogger yang diancam oleh orang atas dasar pencemaran nama baik. (Bisa dilihat di Pecah Ndahe.) Dan ini berakhir dengan tulisan di blog yang dicabut.

Tapi apakah itu adalah solusi yang tepat? Kalau ini dibenarkan, bisa jadi terjadi budaya sensor diri–takut menulis nama, mengungkap identitas. Karena takut diancam. Pada akhirnya, jadi takut atau malas berpendapat.

Dan ini, menurut saya, bisa sama parahnya dengan sensor pemerintah.

29 10 2007
shige

ternyata blog ini memang benar2 bagus .. pantas jadi jawara di pesta bloger …
walaupun saya tidak datang kemarin .. saya ikut mengucapkan SELAMAT ATAS PRESTASINYA ..

keep bloging .. ^^

29 10 2007
Kang Kombor

Hadiahnya nggak dibagi? Kamu gerombolannya Om Wimar ya? Hehehe…

29 10 2007
ojat

congrats yah🙂

30 10 2007
k' tutur

Hmmm… Senengnya bepoto ame juare
*Nebeng Nyeleb mode ON*😆

30 10 2007
k' tutur

@Kang Kombor
denger-denger sih, hape yang lama bakal dikirim ke aku😉

30 10 2007
iphan

huaaiiii…. selamet yaaaa….

hehehehe….

31 10 2007
yoe

hm……gak kan salah dehhh, pasti menang.. hehehe.. selamat laghiiii, Lidya.. new friend…jadi ehem… ada potonya di sini..hehe.. salam selalu,

yoe

31 10 2007
Freddy Hernawan

wah hebat, selamat yah atas dipilihnya menjadi pendatang baru terbaik🙂 ikutan senang nih

31 10 2007
1 11 2007
edratna

Lidya,
Selamat ya…semoga terus berkarya, dan semakin berkualitas tulisannya.

1 11 2007
pratanti

hai Lidya….. selamat yaa…
keep blogging, dan salam kenal juga😀

1 11 2007
4UL

selamat yah pendatang baru terbaik!
selamat =)

salam,
4UL
http://www.4ulclothing.com

1 11 2007
catur pw

walah, kemarin ko aku lupa photo bareng ama kamu yak?
Blognya sip, selamat dah menang blog pendatang baru terbaik, akhirnya bawa pulang NOKIA, hehe… pengeeenn.

Met kenal lidya, Sukses Selalu!

2 11 2007
Wazeen

hi lidya selamat ya, oo ternyata lidya orang jember ya?

5 12 2007
himawan

selamat lidyaaaa,,, jg buat temen2 yg lain, gw pengen berbagi pengalaman ttg diriku nii, sapa tau banyak manfaatnya buat temen2 para blooger…
gini biar blog anda cepat ter-index oleh google ,, segera aja daftarkan ke ratusan free SEO yang mudah dipake , jg jgn lupa blog anda diiklankan yg tanpa dibatasi jumlah pemasangan iklan.. di jamin blog anda dg cepat ter-index oleh google ..
kalo ga percaya coba aj di http://e-businesscenter.info

6 12 2007
kereayem

salam kenal. nice blog.

6 12 2007
nelfi

hai..salam kenal ya.. pingin deh jadi kaya kamu, eh maksudnya bisa jadi blog pendatang baru terbaik he he..

6 04 2008
Sijo

bagi resepnya dong..
hidup blog!

29 11 2009
Donita

Hidup blogger per kelinci an.

13 12 2009
Uliah Black

Keren,Nggak kehabisan Kopi tuh nantinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: