Pesta Blogger 2007: Kopi Darat Blogger Se-Indonesia

 “Masih tidak percaya, sebuah pertemuan seperti ini pernah terjadi,” kata Enda Nasution bersemangat saat membuka perhelatan akbar Blogger se-indonesia, Sabtu, 27 Oktober 2007. Ya, memang benar-benar sebuah acara yang sangat jarang terjadi. Sekelompok orang yang biasanya hanya akrab secara virtual dapat bertemu muka secara fisik atau bahasa gaulnya ‘ngopi darat’.

Acara diawali dengan sebuah Talk Show mengenai dunia blog Indonesia yang dipandu secara interaktif oleh Wimar Witoelar dan menghadirkan empat orang panelis yang dinilai berkontribusi besar bagi dunia blog dan sangat memahami perkembangannya, secara khusus di Indonesia, yaitu Budi Putra, Enda Nasution, Mohammad Nuh, dan Andrianto Gani.

Wimar Witoelar, yang juga merupakan salah satu steering committee dari Pesta Blogger 2007 (PB2007), menggiring perbincangan seputar blog dengan apik dan menarik. Para hadirin secara spontan dapat memberikan tanggapan dan beberapa blogger secara khusus ditunjuk untuk memberikan pendapat. Di antaranya adalah Iyo, blogger muda yang masih duduk di bangku SMA. Dia menceritakan sedikit pengalamannya dalam menulis blog. Disampaikan juga oleh Budi Putra dalam diskusi, bahwa dalam posting yang penting adalah isi, “percuma kalau hanya desainnya menarik, tapi isinya tida berbobot.”

Di samping cerita bahagia seputar aktivitas nge-blog, juga ada cerita mengarukan yang datang dari blogger asal Poso yang secara khusus ingin bertemu dengan para blogger dan tentunya ingin bertemu Wimar Witoelar. “Kalau ada yang disebut sebagai bapak Blogger, Pak Wimar itu sih opa-nya blogger,” ujar Ruslan Sangadji  blogger asal Poso yang juga berprofesi sebagai kontributor The Jakarta Post ini. Hal ini agaknya benar, mengingat Wimar sendiri telah memulai aktivitas blogging sejak 12 tahun yang lalu, jauh sebelum aktivitas blogging benar-benar digandrungi.

Bertempat di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Pesta Blogger 2007 untuk pertama kalinya digelar. Acara ini dihadiri oleh sekitar lima ratus blogger beserta undangan. Hadir sebagai tamu kehormatan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Mohammad Nuh yang mendukung positif acara ini. “Saya rasa pertemuan atau acara seperti ini perlu dilakukan secara berkala, jangan berhenti disini, apalagi pertemuan secara fisik memang penting daripada hanya secara virtual,” ujar mantar Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini. Beliau juga menetapkan 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional dan mendorong para blogger untuk menciptakan lagu “kebangsaan” blogger. Bagi lagu yang terpilih, dijanjikan ada sebuah laptop yang akan diberikan secara khusus oleh menkoinfo.

Berikutnya dalam sebuah sesi yang disebut break out session, para peserta diberikan kesempatan untuk bertukar pengalaman dengan para blogger handal sesuai dengan kategori blog mereka. Ada 7 kategori yang ditawarkan, di antaranya adalah kategori current issues yang dipandu oleh Wicaksono, yang lebih dikenal dengan ndoro kakung di dunia maya. Secara khusus kelompok ini membahas mengenai tips dan bagaimana menulis dan mencari inspirasi untuk blog masing-masing mengenai topik sehari-hari yang paling dekat dengan kita. Ternyata mudah sekali, yaitu menulis dengan apa adanya tanpa berusaha untuk menjadi orang lain, maka cerita akan mengalir dengan sendirinya dan kalau menarik akan dinikmati banyak orang. Wicaksono juga menambahkan bahwa untuk membuat tulisan yang menarik, kita harus berusaha menulis berbeda dengan media tradisional.

Pada PB2007 ini juga diadakan pemilihan blog terbaik untuk 7 kategori, yaitu on line marketing blog, personal blog, women’s issue, celebrities blog, current issue, blog technology, bridge blog, serta satu kategori tambahan yaitu kategori pendatang baru terbaik. Kabar baiknya adalah Perspektif.net terpilih menjadi blog terbaik untuk kategori Current Issue dan Mine of mine, blog salah satu penulis PO menjadi blog pendatang baru terbaik.

Akhirnya seperti kata Wimar Witoelar, “Maju terus blogger Indonesia.” Blogger harus punya sikap, berani menyatakan sikap dan berani menanggung konsekuensinya, serta yang penting tambahnya, “Jangan takut nge-blog karena tidak akan pernah dibredel.” [LW]

Published by lidya

2007 I'm Lidya, twenty something, from Jember to Surabaya and now in New Zealand for next 2 week. I wanna share you my experiece in NZ, especially my visiting programme in Auckland University of Technology. Are you ready? Let's start.... ---------------------- -20 sept 2009- im in Jakarta right now, joining PPE in Bank CIMB NIAGA. best, LW 2010, KL I'm not a girl anymore, this year I will be 25 years old. Yes, here I am. Officially i start my work on 2010 at CIMB Niaga, and for this 3 month ahead (Augt-Nov) I am working at CIMB Group Malaysia. Thanks God for this opportunity. I am so blessed!

Join the Conversation

35 Comments

  1. haha di blog Mind of Mine ini justru ada salah spelling ditulis Mine of Mine. Tapi biar aja nggak usah di edit, biar kelihatan Lidya Wangsa ini masih manusia yang bisa membuat kesalahan haha… kalau nggak, disangka semourna katena bisa bertansformasi dari orang yang tidak tahu blog menjadi pemenang Blok Terbaik dalam kelompok Pendatang Baru. Congrats!!!!!

  2. congrats LW buat terpilihnya blog kamu sebagai blog pendatang baru terbaik!!
    tulisan kamu selama ini memang selalu teratur, menarik n bagus bangeeet, memang layak jadi pemenang..
    (horee..promosi n kerja keras berminggu-minggu sebelum pesta blogger 2007 akhirnya ada hasilnya yoo? hehe!)
    tahun depan jangan lupa ikutan lagi acara Pesta Blogger ini yuph..
    keep on rocking,Lid!

  3. keep blogging..
    ini betul2 suara baru indonesia, di tengah media mainstream yg melulu menampilkan kata berselimut berita yg sudah bosen didenger..
    blogging dalah suara baru…dan semoga menjadi corong nurani…!

  4. Wah ternyata doa gue dikabulkan juga, setelah vote agar MoM dan Perspektif bisa masuk 3 besar. Gue hanya bisa berdoa biar mereka jadi jawaranya. Thanks God…
    Buat lidya makasih buat laporannya about pb2007-nya yang sangat menarik. Keep blogging…

  5. @kunderem…
    eh iya ya iyo masih smp? hehehe… maap berarti sy salah denger…
    thx buat koreksinya…

    @harri
    iya dateng dari desa… hehehe.. kpn main ke Jember?

  6. @sterli
    terima kasih banyak..
    tp mohon diralat, Mind of mine kmrn dpt best NEW COMER, bukannya best blog di Indo, takut diprotes sama komentator.. hehehe
    tapi kalo versi sterli Mind of mine tetep jadi terbaik, wuih tersanjung banget 🙂

  7. “Jangan takut nge-blog karena tidak akan pernah dibredel.”

    Sensor atau bredel dari pemerintah (minimal dari DepKomInfo yang menggantikan Dep Penerangan) memang sudah hampir tidak ada. (Paling kasus khusus seperti Bang Wimar oleh Gubernur DKI, hehe.) Namun, yang mulai perlu kita waspadai adalah sensor dari sesama. Sudah ada contoh teman blogger yang diancam oleh orang atas dasar pencemaran nama baik. (Bisa dilihat di Pecah Ndahe.) Dan ini berakhir dengan tulisan di blog yang dicabut.

    Tapi apakah itu adalah solusi yang tepat? Kalau ini dibenarkan, bisa jadi terjadi budaya sensor diri–takut menulis nama, mengungkap identitas. Karena takut diancam. Pada akhirnya, jadi takut atau malas berpendapat.

    Dan ini, menurut saya, bisa sama parahnya dengan sensor pemerintah.

  8. ternyata blog ini memang benar2 bagus .. pantas jadi jawara di pesta bloger …
    walaupun saya tidak datang kemarin .. saya ikut mengucapkan SELAMAT ATAS PRESTASINYA ..

    keep bloging .. ^^

  9. hm……gak kan salah dehhh, pasti menang.. hehehe.. selamat laghiiii, Lidya.. new friend…jadi ehem… ada potonya di sini..hehe.. salam selalu,

    yoe

  10. walah, kemarin ko aku lupa photo bareng ama kamu yak?
    Blognya sip, selamat dah menang blog pendatang baru terbaik, akhirnya bawa pulang NOKIA, hehe… pengeeenn.

    Met kenal lidya, Sukses Selalu!

  11. selamat lidyaaaa,,, jg buat temen2 yg lain, gw pengen berbagi pengalaman ttg diriku nii, sapa tau banyak manfaatnya buat temen2 para blooger…
    gini biar blog anda cepat ter-index oleh google ,, segera aja daftarkan ke ratusan free SEO yang mudah dipake , jg jgn lupa blog anda diiklankan yg tanpa dibatasi jumlah pemasangan iklan.. di jamin blog anda dg cepat ter-index oleh google ..
    kalo ga percaya coba aj di http://e-businesscenter.info

  12. hai..salam kenal ya.. pingin deh jadi kaya kamu, eh maksudnya bisa jadi blog pendatang baru terbaik he he..

Leave a comment