Semua Bisa Jadi Satria Pelangi

3 11 2007

Greenpeace hadir karena

Bumi yang rentan ini perlu suara.

Bumi perlu solusi.

Bumi perlu perubahan.

Bumi perlu tindakan.”

(www.greenpeace.org/seasia/id)

Ya, bumi perlu pembelaan dan dukungan dari kita untuk beramai-ramai mengambil tindakan nyata, menyelamatkan bumi yang sedang sakit ini.

Dimotori oleh Greenpeace dengan aksinya, Forest Defender Camp (FDC), pembelaan bumi dilakukan secara perlahan tapi pasti. Acara kamp ini dibuka secara resmi pada hari Sabtu, 3 November 2007 di lapangan Monas dan akan berlangsung hingga 11 November 2007. Mereka yang merasa peduli terhadap keberadaan hutan, khususnya di Indonesia, bisa bergabung meramaikan acara ini mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Kamp kali ini menyuguhkan pameran, pertunjukkan musik sederhana, teater, tarian, talk show dan games seru mengenai keadaan hutan di Indonesia. Hadir sebagai nara sumber talk show, Wimar Witoelar dan Leony, bintang sinetron sekaligus penyanyi yang juga menjadi sahabat Greenpeace. Dipandu oleh Olga Lydia, talk show mengalir dengan hangat dan penuh makna, meski diwarnai dengan gerimis yang tak kunjung reda.

Saya tidak paham betul soal hutan, tapi saya peduli akan hutan, makanya saya ada di sini mendukung acara ini,” ujar Wimar Witoelar. WW juga menjelaskan bahwa biasanya orang yang peduli akan masalah hutan dan lingkungan hidup jarang yang bersinggungan dengan kekuasaan. Akibatnya mereka menjadi kelompok minoritas yang harus bekerja keras untuk meraih dukungan khalayak ramai. Ditambah lagi isu lingkungan hidup kurang menarik perhatian masyarakat pada umumnya. Oleh karenanya, para aktivis lingkungan hidup harus pandai-pandai menggunakan media untuk menyuarakan aksinya. “Melalui media, kita bisa menciptakan mainstream di tengah masyarakat akan pentingnya hutan,” ujar WW.

Leony yang hadir dengan menggunakan T-shirt khusus dari Greenpeace mengiyakan pendapat dari WW. “Memang, orang-orang sekarang agak kurang peduli pada lingkungan, jadi tugas kita semua untuk mulai menyebarluaskan masalah lingkungan ini, khususnya tentang hutan kita,” ujar mantan penyanyi cilik ini kalem.

Perwakilan dari Greenpeace, Bustar Maitar, juga menjelaskan bahwa FDC ini merupakan upaya internasional yang dilakukan Greenpeace untuk melindungi sisa hutan di dunia dan perubahan iklim global yang diharapkan nantinya akan menjadi pressure bagi negosiasi iklim Protokol Kyoto di Bali, Desember mendatang. “Kami saat ini mengajukan petisi kepada pemerintah dan sedang menggalang dukungan dari mereka yang peduli kepada hutan di Indonesia, yaitu dengan menandatangani petisi tersebut,” jelas juru kampanye hutan Greenpeace ini.

Secara singkat isi petisi tersebut berisikan mengenai desakan kepada pemerintah untuk mengambil langkah konkret untuk menghentikan penebangan hutan dalam skala besar, menghentikan konversi lahan hutan menjadi lahan perkebunan, menghentikan kebakaran hutan serta rehabilitasi hutan yang sudah rusak.

Sore itu, Bustar juga mendorong setiap orang yang peduli akan hutan untuk menandatangani petisi sebagai wujud dukungan terhadap upaya penyelamatan hutan. Hingga saat ini sudah terkumpul sekitar 23 ribu tanda tangan asli, dimana target yang ingin dicapai adalah 1 juta dukungan.

Kemudian di tengah talk show, WW nyeletuk tentang Rainbow Warrior, sebuah kapal terbesar Greenpeace. “Lalu apa kabar dengan Rainbow Warrior?” tanya WW ingin tahu. Dina Purita Antonio, Regional Media Campaigner, Greenpeace Asia Tenggara, menjelaskan bahwa Rainbow Warrior masih aktif melancarkan aksinya sampai hari ini, yaitu berkeliling dunia untuk membawa misi penyelamatan bumi dan akhir November nanti, rencananya Rainbow Warrior akan mampir ke Tanjung Priuk. Ketika ditanya siapakah yang termasuk satria-satria itu, Dina menjelaskan bahwa semua orang yang terpanggil untuk menyelamatkan bumi yang sedang sakit ini akan disebut Rainbow Warriors.

Akhirnya, bila kita sekarang merasa tidak bisa berbuat banyak untuk bumi kita, ikuti saja langkah sederhana dari WW berikut ini. Pertama, cari tahu (get the informations), misalnya melalui website mengenai keadaan hutan dan aktivitas Greenpeace, lalu punyailah sikap, dan terakhir nyatakan sikap itu, misalnya dengan menulis mengenai keadaan bumi saat ini sehingga semakin banyak orang yang tahu akan isu krusial tersebut dan akhirnya mau peduli. Intinya lakukan bagian yang anda bisa lakukan, sekecil apapun itu. [LW]


 



Actions

Information

21 responses

3 11 2007
wimar

sering kita merasa tidak berdaya mengatasi ketidak benaran seperti perusakan hutan. tapi sebetulnya kita bisa berbuat banyak dengan menghayati persoalan, mengambil sikap dan menyatakan sikap. bantuan yang lainnya akan datang sendiri.

4 11 2007
benbego

Ok deh mbak. Ntar ku tulis di blogku. Sekali lagi selamat ya! Hp barunya diposting dong! yg lama buat aku aja….maunya!😀

4 11 2007
Arham

@Wimar
iya om stuju walaupun kita sering ngak merasa berdaya tapi setidaknya kita udah menyatakan sikap / taking action, walaupun kecil tapi yang terpenting kita udah do the best…

5 11 2007
silvy

woww… hebat juga Greenpeace mengadakan acara seperti itu dan menarik… Saya setuju dengan pendapat Leony bahwa orang-orang masih kurang peduli dengan lingkungan.. Padahal buni ini adalah tempat tinggal mereka,tapi mereka tidak merawatnya.
Walaupun saya tidak ikut dalam Greenpeace tapi saya sadar dengan apa yang terjadi sekarang di bumi ini,maka dari itu saya mulai membiasakan diri dengan membuang sampah di tempatnya,memilah sampah dan hal-hal lain yang sepele tapi cukup berguna untuk bumi ini…
POkoknya saya dukung kalian untuk menyelamatkan bumi ini..

SAVE OUR EARTH FROM NOW…!!!!!

SiLvY ^_^

5 11 2007
christa

niceee… simpel aja sih sebenernya, kalau merasa terlalu “biasa” buat menyelamatkan lingkungan, mulai aja dari diri sendiri🙂

5 11 2007
spedaman

ada satu lagi cara buat menyelamatkan bumi, bersepeda ketempat aktifitas
*kring kring*😀

5 11 2007
Goestaf

Just keep the spirit up! We do something good for Earth!

7 11 2007
atrix

baru balik dari riau, land clearing buat lahan sawit dan pasokan buat IKPP-kah? atau mungkin RAPP? perlu jadi perhatian, ini bukan sekadar menyelamatkan hutan saja, tapi emisi buang yang dihasilkan dari pembakaran berpengaruh besar pada iklim, dan lingkungan sekitar. PEMDA setempat bahkan memberi aksesibilitas bagi warga atas pertimbangan hak warga/ulayat, dengan membenarkan land clearing (misal dengan pembakaran). Is it worth logic rather than rational decision ?! save our FOREST !!

– atrix –

9 11 2007
athaya

Keep Green…..
masalah penebangan hutan secara masif dan perusakan lingkungan lainnya yang dilakukan dengan dalih fulus, tidak saja harus diselesaikan di sini (Indonesia) tetapi juga di luar sana…, “pemain” kayu lokal saat ini banyak yang sudah mendekati KO, akibatnya mereka mengunakan cara merangkul orang lain (asing) untuk mengunduli alam kita. Jadi untuk mengurangi ilegal logging resepnya adalah : NASIONALISME, HUKUM YANG KONSISTEN dan HATI NURANI.
Viva GREENPEACE.

9 11 2007
ToKonjo

Ini toh, blog yang memenangkan kategori pendatang baru. Emang keren ouy. dan betapa sebuah kehormatan jika pemiliknya ingin bertukar link denganku. Mohon jangan kandaskan harapanku… (hehehe)

10 11 2007
lidya

makasihhh..
pasti dikabulkan dan dengan senang hati… :))

11 11 2007
Dhan

Sekalian jadi online activist nya Greenpeace.
Kalo urusan satu ini harus satu suara aja, ga usah bikin “grinpis tandingan” hehehe… entar kayak partai.
Jadi online activist biar tau whats on pada agenda GP. Sekalian nanti promosikan event mereka di blog masing-masing.

Nice blog. Congrats Lid, atas nominee & winner di pb2007. You damn right… you are so lucky by being close to Mr. WW. hehehe… You’ve made the right decission in first place.

Eh boleh dong dikau raun-raun and link to my blog.🙂

18 11 2007
lala

Aku juga termasuk orang yang percaya, kalau kebaikan sekecil apapun, kalau dilakukan penuh cinta secara kontinu… buahnya pasti manis ^_^

Great post!

Salam,
Lala

24 11 2007
SBY

Akhir-akhir ini kalau tidak hujan rasanya panas sekali, tetapi kalau hujan anginnya kencang sekali dan sering ada angin puting beliung yang merusak tanaman padi dan pepohonan banyak yang tumbang.
Kira-kira apa sih penyebabnya….?
Awan diatas Indonesia yang biasanya banyak kini bergeser entah ke negara mana, padahal awan tersebut bisa meredam panas terik matahari.
Dengan banyak hilangnya awan di atas Indonesia maka anginpun bisa menjadi sangat kencang. Ini juga yang bisa mengakibatkan angin puting beliung.
Lalu yang menjadi pertanyaan : Siapakah atau negara super power mana yang mencuri awan-awan di atas bumi Indonesia ini ?

25 11 2007
agoes

ehm, lid..
Aku kuliah masih sering pake motor, yang knalpotnya kadang nggebes keluar asap dikarenakan olinya yang gak bagus. Di kosan aku pake komputer, kipas angin sama radio yang kadang nyala barengan, ditinggal tidur pula. Makan kadang pake stereofoam, minum pake sedotan atau plastik yang selesai langsung buang.
Aku kuliah, sering perlu banyak pake kertas sekedar menuruti kewajiban pengerjaan tugas-tugas kuliah. Kertasnya kepake dan kalo gak penting, buang langsung.
Aku pernah berangkat kuliah pake sepeda pancal, tapi pernah suatu kali hampir keserempet motor. Hak-hakku di jalan waktu itu hampir diserobot. sudah kena polusi, apesnya gak karuan kalau lagi kena macet.
Pas di ruang kuliah, kamu tahu sendiri khan. ACnya gede2 nyala barengan, dinginnya juga gak karuan.

A confession? maybe..Realistic? it is..Pesimistic? dunno..one thing for sure, it’s abig thing

27 11 2007
wahyu

wah, kayaknya ada calon pengganti menteri lingkungan hidup neh…tapi gak tau buat taon kapan….saya dukung setiap upaya pelestarian hutan karena terus terang aja hutan kota di jakarta masih sangat kurang dan ini yang bikin jakarta puanasss…

sukses ye

27 11 2007
nana

hahaha… mbak.. tukeran link yuk.. udah aku add tuh. thanks!

27 11 2007
“Rainbow Warrior bukan kapal biasa” « Mind of Mine

[…] *baca cerita sebelumnya “Semua Bisa Jadi Satria Pelangi” […]

2 04 2008
Bisakah orang biasa bantu Greenpeace melawan perusakan hutan? « Resya’s Weblog

[…] Wangsa, pemenang pertama Blogger Pendatang Baru pada Pesta Blogger 2007 baru-baru ini. Baca posting “Semua Bisa Jadi Satria Pelangi” di blognya […]

29 04 2008
marwanazis

Tulisannya menarik, senang bisa kenal blogger yang care dengan lingkungan salam
http://www.greenpressnetwork.com
http://www.marwanazis.wordpress.com

22 07 2008
vonny

aq jg mau disebut Rainbow Warriors!!!! doakan yach smg berhasil!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: