Diplomasi BH

21 04 2009

“Maksudnya?”

mungkin Anda bertanya-tanya apa ini maksudnya. Sepenggal kata sambutan yang disampaikan Saifullah Yusuf, wakil Gubernur Jawa Timur, saat menghadiri Penganugerahan Kartini Award, 16 April 2009, di Surabaya Plaza Hotel.

Suasana Press Conference Kartini Award 2009

Dokumen pribadi

Diplomasi BH sebenarnya pertama-tama diungkapkan oleh Gus Dur saat menghadiri konferensi di Timur Tengah. Saat itu, para petinggi meributkan tentang redaksional suatu kesepakatan dan tidak segera mendapat kata yang tepat untuk menyimpulkan hasil konferensi tersebut. Lantas Gus Dur mengusulkan sesuatu. Dengan bahasa Arab yang fasih, beliau menjelaskan bahwa biarkan mereka yang ahli dalam menyusun redaksional yang menyelesaikan kebingunan ini, yang penting intinya sudah dipahami. Beliau mencontohkan seperti seorang perempuan mencari BH (breast holder) yang tepat sesuai payudaranya. Biarkan yang ahli yang memilih mana yang tepat. Begitu penjelasan Gus Dur dan diakhiri dengan gelak tawa para hadirin.

Menggelitik memang cerita tentang diplomasi BH ini, tapi sarat makna. Biarkan yang ahli menentukan sikap dan langkah. Perempuan dalam hal ini, jadi pembicaraan utama yang saya bahas. Biarkan perempuan dengan segala daya dan upaya yang dimilikinya mengambil sikap dan tindakan yang terbaik untuk dirinya. Karena sejatinya, hanya diri perempuan sendiri yang memahami apa yang terbaik bagi dirinya. Jangan biarkan bias gender membatasi para perempuan untuk berkarya.

Saya memang tidak mendalami pemikiran Kartini, tetapi yang saya tahu dari beberapa pembahasan mengenai tulisan beliau, Kartini adalah sosok perempuan muda yang mendambakan kebebasan untuk menuntut ilmu setinggi mungkin. Bukan untuk menyaingi kaum lelaki, tetapi untuk mengusahakan adanya penghargaan terhadap kaumnya.

Semangat Kartini yang tak pernah padam untuk belajar, mengilhami banyak perempuan Indonesia untuk berkarya di bidangnya. Salah satu di antaranya Dra. MYRTATI DYAH ARTARIA, MA, Ph.D, ahli antropologi ragawi yang mampu merekonstruksi wajah dari tengkorak. Satu-satunya ahli yang dimiliki Indonesia. Layak bila beliau mendapat anugerah Kartini Award 2009. Karyanya di dunia penelitian menjadi aset tak ternilai bagi Indonesia.

Suara Surabaya.netSuara Surabaya.net

Bangga rasanya bila melihat wajah-wajah perempuan Indonesia yang berprestasi. Di sisi lain, hari saya perih melihat ada banyak perempuan Indonesia yang menjadi korban perdagangan manusia (human trafficking). Hari ini, salah satu harian terbesar Jatim, memuat isu human trafficking sebagai headline. Muncul banyak pertanyaan di benakku. Kenapa mereka bisa begitu saja dibohongi. Kenapa sebagian besar dari mereka adalah perempuan.

LSM dan pranata hukum sudah mengambil tindakan nyata dalam menyikapi hal itu, tapi hasilnya masih belum signifikan.  Setiap tahun, angka penjualan kaum hawa ini makin meningkat.

Isu human trafficking sebaiknya jangan dipandang sebelah mata. Seharusnya dijadikan agenda utama bagi para petinggi negri yang sedang berebut mendapat kursi empuk. Katanya mereka ingin memperjuangkan kepentingan rakyat, kepentingan yang bagaimana? Akankah mereka yang terpilih nantinya peduli pada nasib anak-anak dan perempuan yang diperdagangkan layaknya barang dagangan?

Akhirnya, Selamat Hari Kartini. Semoga semangat Kartini untuk belajar dan menjadi pintar tidak pernah sirna dari perempuan Indonesia. Sehingga mereka tidak lagi mudah dibodohi. Dengan kemampuan dan keterempilan yang mereka miliki, mereka tidak akan mau membiarkan dirinya dijadikan komoditas.


Actions

Information

5 responses

23 04 2009
myrta

Thanks for mentioning my name dan fotoku dalam tulisan ini. Salut dengan pikiran2 dan pendapat dalam tulisan ini. Semoga sukses selalu.

24 04 2009
lidya

Terima kasih bu, sudah mampir ke blog ini…
Saya bangga, Indonesia punya sesosok perempuan hebat! Sukses dan terus berkarya.

salam,
Lw

24 04 2009
Amel

Oo…ini to.. blogmu lid? Yup… aku cicil ya bacanya… Sayangnya kmu gak ngebahas ttg gimana pak wagub yg gak seberapa tau ttg Kartini Awards, hehe.
Btw, selamat ya buat setitik terang dr sang Niaga, hehe… moga itu memang yg paling baik buat kmu, seenggaknya penantianmu enggak sia-sia. It’s really nice meeting you…. bikin aku gak ‘nganggur’ selama nemenin “the winner”. Keep in touch!

24 04 2009
lidya

hahaha… thx mel dah mampir dan menambahkan ttg wagub tercinta…
sukses buat amel n your dream job!

Salam,
LW

29 04 2009
ferry_th

judulnya sangat atraktif. Nice post btw.
Gitu aja kok repot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: